Kindle, eReader dan eBook

Kindle adalah peralatan yang dibuat oleh Amazon untuk membaca ebook atau buku elektronik, sedangkan ebook sendiri adalah buku elektronik, tulisan dan atau gambar yang diproduksi secara digital, biasanya berbentuk file pdf atau file format lain tergantung kepada peralatannya. Ebook juga bisa dibilang sebagai “edisi elektronik atau edisi digital dari buku cetak”.

Ada banyak format untuk ebook, mulai dari pdf, doc, html, mobi, mp3, txt dan lain lain.

eReader bisa didefinisikan bermacam macam, tetapi biasanya di kaitkan dengan peralatan membaca ebook, seperti kindle (amazon), nook (barnes & noble), cybook opus (bookeen), reader pocket edition (sony), dimana biasanya tiap produsen hanya mendukung file format tertentu (selain format file umum) agar pengguna mau tidak mau membeli ereader khusus. Google juga sepertinya akan ikut turun bersaing di dunia ebook ini,melalui google ebook dan ebook store nya. Pembuat ereader biasanya memang merupakan sebuah toko buku online yang kemudian membuat perangkat pembaca untuk produk ebook mereka. Disini google ebookstore mencoba membuat pendekatan berbeda, dimana ebookstore google terbuka untuk Androids, iPhones, iPads, iPod touchs, Nook dan vendor eReaders lainnya.

eReader di Indonesia sering dikonotasikan sebagai pembaca ebook, seseorang yang lebih suka membaca buku atau majalah melalui ebook, karena memang harga yang ditawarkan lebih murah, terutama untuk buku dari luar negeri yang berarti memotong biaya kirim, menghemat tempat serta bagi yang pecinta lingkungan, ebook ramah lingkungan karena tidak perlu menggunakan kertas yang berarti mengurangi penebangan hutan.

Banyak kajian tentang apakah ebook akan membunuh buku cetak, dan dari beberapa penelitian memang ada indikasi bahwa pengguna ebook semakin banyak dan mulai menggantikan buku cetak, tetapi tetap saja ada beberapa pro dan kontra serta kelebihan dan kekurangan dari tiap media, mari kita lihat tahun ini dan tahun mendatang.

Untuk pasar Indonesia sendiri, ada beberapa perusahaan yang mulai membuat toko ebook online untuk menjembatani pembeli dari Indonesia, serta sudah ada beberapa buku yang diterbitkan bermedia ebook, bahkan ada penerbit majalah dan surat kabar yang sudah menawarkan produk mereka dalam bentuk ebook.

Akankah pasar Indonesia juga akan mulai menggeliat untuk penjualan ebook ini? kemungkinan besar ya jika penyerapan peralatan ereader maupun smartphone semakin besar, mari kita lihat :)