Inilah Sejumlah Perbedaan Kartu Undangan Murah Softcover dan Hardcover

pesan undangan pernikahan murah

Di industri jasa percetakan sendiri, biasanya banyak ditawarkan aneka jenis bahan untuk pesan undangan pernikahan murah seperti softcover dan hardcover. Sehingga dalam hal ini, seseorang bisa menentukan sendiri pilihan percetakan kartu undangan tersebut nantinya. Namun sebelum memutuskan mencetak undangan tersebut, alangkah lebih baiknya Anda mengetahui sejumlah perbedaan antara softcover dan hardcover berikut ini.   

Sejumlah perbedaan di antara jenis kartu undangan murah secara softcover dan hardcover?

Sebelum mengetahui perbedaan antara jenis kartu undangan softcover dan hardcover, sebaiknya Anda pahami terlebih dahulu pengertian dari kedua istilah tersebut. Undangan softcover merupakan proses percetakan undangan pada media kertas standar tanpa lapisan board, sedangkan hardcover proses percetakan undangan dilakukan pada media kertas maupun karton dengan lapisan board. Meskipun keduanya sama – sama memberikan sisi keunggulan dalam hasil percetakan undangan, namun baik softcover dan hardcover memiliki sejumlah perbedaan di antaranya sebagai berikut.  

  1. Durasi waktu pengerjaan undangan 

Salah satu perbedaan cukup signifikan antara softcover dan hardcover, yaitu dari segi durasi / lama waktu pengerjaan pembuatan kartu undangan itu sendiri. Biasanya, kartu undangan softcover memiliki durasi waktu pengerjaan yang terbilang lebih singkat yaitu sekitar 7 harian saja. Hal ini sangat jauh berbeda dengan pengerjaan pembuatan undangan hardcover, yang mana biasanya membutuhkan waktu dua kali lipatnya dari pembuatan undangan softcover tersebut. 

  1. Biaya kartu undangan 

Sebelum pesan undangan pernikahan murah, Anda juga bisa mempertimbangkan pemilihan jenis percetakan kartu undangan softcover dan hardcover dari segi biaya pembuatan undangannya yang terbilang berbeda. Dalam hal ini dikatakan, bahwa untuk membuat undangan jenis hardcover biasanya membutuhkan biaya yang cenderung lebih mahal dibandingkan jenis softcover. Ini bukan tanpa alasan dilakukan, yaitu karena dalam pembuatan undangan hardcover sendiri biasanya membutuhkan tambahan board, sehingga memerlukan biaya material tambahan.  

  1. Tingkat ketahanan kertas

Perbedaan lainnya antara jenis undangan softcover dan hardcover juga dapat Anda lihat dari segi tingkat ketahanan kertas yang digunakannya. Diketahui, jenis undangan softcover biasanya dibuat di atas kertas tanpa lapisan board di bagian bawahnya, sehingga risiko ketahanannya lebih mudah rusak. Berbeda dengan jenis undangan hardcover yang dibuat di atas kertas dengan lapisan board, sehingga menjadikan tingkat ketahanannya lebih baik dan tidak gampang rusak

  1. Hasil tampilan undangan 

Adapun perbedaan antara undangan softcover dan hardcover lainnya yang perlu Anda ketahui, yaitu mengenai hasil tampilan undangannya. Dimana pada jenis undangan softcover sendiri, biasanya memiliki hasil tampilan dengan desain beragam misalnya dapat dilipat dengan model tertentu agar lebih menarik. Sementara pada jenis undangan hardcover, biasanya memiliki tampilan dengan desain laminating glossy untuk memberikan tampilan lebih mengkilat, emboss dan hot print. 

Dari sejumlah perbedaan yang sudah dijelaskan tadi, Anda dapat memutuskan apakah ingin pesan undangan pernikahan murah secara softcover ataupun hardcover di jasa percetakan nantinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *