Inilah 4 Fungsi Pipa Besi Selain Untuk Sistem Saluran Air

pipes

Bukan cuma dijadikan sambungan atau saluran, pipa besi sch 40 ternyata mempunyai fungsi lain yang tak kalah berguna. Anda yang barangkali belum mengetahuinya bisa menyimak daftar berikut yang akan membantu mengoptimalkan penggunannya sesuai kebutuhan.

  1. Furnitur atau perabot

Tahukah Anda bahwa sejumlah furnitur atau perabot mengandalkan pipa berbahan besi sebagai bahan baku? Perusahaan-perusahaan yang menangani produksinya memakai pipa-pipa yang telah difabrikasi untuk menghasilkan furnitur bergaya industrial.

Gantungan baju dan rak sepatu gaya Skandinavia menjadi perabot lainnya yang mengandalkan material pipa untuk memberikan sentuhan modern pada desain minimalis.

  1. Aksesori pada bangunan

Pipa berlapis seperti galvanis dapat dimanfaatkan sebagai aksesori pada bangunan. Selain punya desain menarik dan fleksibel disesuaikan dengan konsep properti, material ini dikenal akan tingkat resistensi yang baik terhadap api maupun korosi.

Beberapa aksesori yang mengandalkan jenis pipa ini adalah pegangan pada tangga, pagar rumah, hingga tiang PJU. Perawatannya juga terbilang praktis diterapkan.

  1. Suku cadang otomotif

Fungsi lainnya yang dapat Anda optimalkan dari pipa besi adalah sebagai bahan baku spare part atau suku cadang otomotif. Rangka kendaraan dan knalpot adalah bagian-bagian yang memerlukan material ini, terutama pada mobil, untuk memberikan daya tahan terbaik.

Stainless steel dengan grade feritik adalah bahan pada pipa yang dipilih untuk suku cadang. Tingkat permintaannya di Indonesia sendiri sudah menembus 180 ribu ton per tahun.

  1. Instalasi perangkat listrik

Jenis pipa galvanis mempunyai kemampuan dalam meminimalisasi gangguan pada penghantar listrik. Maka dari itu, pemakaiannya umum dijumpai pada instalasi listrik, bahkan menjadi pesaing pipa PVC. Dengan kata lain, Anda bisa memakainya sebagai pilihan alternatif yang tangguh. 

Jika anda belum tahu, pipa yang dimanfaatkan untuk instalasi listrik harus tahan terhadap lembap serta kelembaban, tekanan mekanis, tak menjalarkan api, serta mudah dibongkar pasang.

Menilai dari fungsi-fungsi di atas, ternyata pipa besi dapat membantu banyak kegiatan masyarakat. Untuk itu, pilih produk yang tepat agar bermanfaat bagi banyak orang yang memakainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *