Kuliah Jurusan Data Science di Dalam Negeri

kuliah jurusan data science

Para mahasiswa di jurusan Data Science umumnya akan mempelajari tentang analisis data atau data analysis, serta pemrograman komputer, juga pemodelan prediktif, dan statistik, juga kalkulus, serta ekonomi. Sehingga mampu menyajikan hasil temuan serta memberi rekomendasi dalam format yang mudah dipahami. Kurikulumnya meliputi AI (artificial intelligence) atau kecerdasan buatan, dan pembelajaran mesin atau machine learning, juga pembelajaran mendalam atau deep learning terhadap data. Mata kuliahnya ada Data Science pada Domain Spesifik, dan Metode Numerik, serta Sistem Kecerdasan Bisnis, dan pengantar Penambangan Data dengan Python, juga Basis Data dan Pemrograman SQL untuk Big Data, serta Teknologi Big Data juga Cloud Computing, dan lain sebagainya. Kini kuliah jurusan Data Science bisa dilakukan di dalam negeri, sebagai berikut.

IPB University

Guna merespon kebutuhan masyarakat terhadap pentingnya sains data dalam berbagai aspek, maka program studi Statistika dan Sains Data pun mulai tahun 2020 menerima mahasiswa baru di seluruh strata, pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

Universitas Airlangga (Unair)

Ada program studi Teknologi Sains Data di Unair. Jurusan Teknologi Sains Data Unair ada pada Fakultas Teknologi Maju dan Multidisiplin (FTTM). Di semester satunya, mulai dipelajari statistika dan pemrograman, yang meliputi Pemrograman R dan juga Pemrograman Python.

BINUS University

Pada salah satu universitas swasta di Indonesia yaitu BINUS University juga telah ada kuliah jurusan Data Science. Sebagai bagian dari School of Computer Science di universitas yang cukup populer ini.

Institut Digital (IDigital)

Lalu juga ada universitas swasta lainnya lagi di Indonesia, yaitu Institut Digital yang juga menyediakan program studi atau prodi yang mengedepankan Data Science guna mengikuti tantangan perkembangan jaman. Tepatnya yakni di prodi Ilmu Data. Prospek kerja para lulusan program studi Ilmu Data Institut Digital makin terbuka lebar pada berbagai industri. Semakin bertambah kebutuhan terhadap ahli sains data, turut mendukung hadirnya jurusan ini di tengah masyarakat.

Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY)

UTY pun tak ingin kalah dalam berpartisipasi membangun bangsa, sehingga tersedia juga program studi Data Science di Universitas Teknologi Yogyakarta. Lewat prodi yang baru ini, maka akan lahir para data analyst hingga data scientist yang kehadirannya makin dibutuhkan di kalangan industri.

Telkom University

Program Studi S1 Sains Data juga ada di Telkom University. Dengan berfokus pada Big Data Analytics, maka jurusan ini pun kian populer dan banyak diminati. Para lulusannya akan mengisi posisi sebagai Data Scientist, dan Data Analyst, juga Data Science Architect, serta Data Engineer, dan lainnya lagi.

Kini tak perlu harus ke luar negeri untuk belajar data science.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *