3 Kelebihan Convection Oven Untuk Industri Kue Rumahan

dapur kecil berisi oven dan kulkas

Diantara jenis oven untuk industri kue rumahan, convection oven merupakan salah satu yang paling populer. Tentunya ada berbagai alasan mengapa oven jenis ini banyak digunakan untuk usaha mikro. Anda penasaran apa saja kelebihannya? Mari simak ulasannya di bawah ini.

#1. Efisiensi Waktu dan Energi

Jika dibandingkan dengan oven jenis lainnya seperti oven combi dan baking, penggunaan oven jenis convection lebih menghemat waktu dan energi. Hal tersebut memungkinkan karena oven jenis ini menggunakan teknologi kipas internal. 

Teknologi kipas yang disematkan di dalam oven dinilai cukup efektif mengurangi penggunaan energi baik gas ataupun listrik dalam proses pemanggangan. Selain lebih hemat dalam penggunaan energi, oven jenis convection juga dapat mematangkan makanan 25% lebih cepat.

Oven jenis convection mempunyai ukuran yang ideal untuk industri rumahan. Dalam satu kali proses pemanggangan dengan oven convection berukuran 40 x 60 cm, Anda setidaknya bisa memanggang 8 loyang kue sekaligus. Bayangkan berapa banyak kue yang bisa Anda panggang dalam satu hari dengan oven jenis ini.

#2. Kualitas Kue dan Roti Dapat Dipertahankan

Teknologi kipas yang diaplikasikan pada oven jenis convection memungkinkan sirkulasi udara saat proses pemanggangan dapat dipertahankan dengan lebih baik. Hasilnya, kualitas serta cita rasa kue dan roti yang dipanggang tidak rusak. Ini juga menjadi salah satu alasan mengapa oven jenis convection sangat sesuai untuk memanggang puff pastry.

Selain itu, memanggang kulit pastry dengan menggunakan convection oven juga dapat membuat keseluruhan bagian kue matang sempurna. Hebatnya, Anda bisa mematangkan bagian dalam dan luar kue tanpa membuat tepung dan mentega yang digunakan dalam adonan mengering. 

Karena kulit pastry matang sempurna, tekstur kue pun menjadi lebih renyah saat digigit. Bagi Anda yang mempunyai usaha kue kering atau kue crispy seperti puff pastry, croissant, dan danish, oven ini akan menjadi pilihan yang cocok.

#3. Kue dan Roti Matang Lebih Merata

Kelebihan lain dari oven jenis convection adalah hasil panggangan roti dan kue matang lebih merata. Hasil ini akan lebih jelas terlihat pada panggangan pie dan kue kering. 

Fitur kipas internal yang terdapat pada oven memungkinkan panas menyebar merata saat proses pemanggangan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir dengan kue yang hanya matang sebagian saat dikeluarkan dari oven.

Meskipun menjanjikan hasil panggangan yang lebih baik, pengaturan waktu dan suhu juga menjadi kunci keberhasilan dalam memanggang kue dan roti. Jadi, pastikan Anda mengatur waktu dan suhu pemanggan dengan baik. Convection oven yang baik dipadukan dengan teknik pemanggangan dan pengaturan waktu serta suhu yang sesuai akan menghasilkan kue yang tidak hanya terlihat cantik dan terasa lezat tapi juga mengeluarkan aroma khas yang menggugah selera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *